Laman

Sabtu, 19 April 2014

Apa Itu Doodle Art?



Hei guys! Selamat sabtu malam!!
Di malam yang penuh duka (khususan jomblo) dan bahagia ini gue mau bagi-bagi sesuatu sama kalian. Bukan tentang  dia, kamu, atau pun abang penjual bakso yang sedang kasmaran.
Errr... Pernah dengar atau pernah baca kata ‘doodle art’, guys? Kalo lo belum tahu tentang apa itu doodle art gue bakal jelasin, dan gue maksa walaupun lo udah tau.
Doodle itu sering dibicarakan di salah satu website populer di Indonesia, lho! Namanya Kaskus. Setiap kali buat thread TS-nya pasti bakalan minta doodle. Contoh:
“Agan, mohon doodlenya ya, jangan timpukin ane pake bata.”
Itu namanya cendol kampret!!!
Doodle biasanya juga marak dibicarakan sama komentator bola. Contoh:
“Udin membawa bola pemirsa. Iya di oper ke Mamat! Mamat menendang bola dari sudut lapangan pemirsaa!! IYA!! BUDI MEN-DOODLE DENGAN KERAS PEMIRSA!! GOAALLLL!!! JEMBRETT!! JEMBRETT!!”
Itu sundul woyy!! SUNDUL!!
Oke serius. Doodle jika di-translate ke dalam bahasa Indonesia artinya ‘mencoret’. Gue rasa semua orang pernah corat-coret atau gambar sesuatu gak jelas di saat jam pelajaran yang ngebosenin, lagi gak ada kerjaan, lagi galau, lagi boker.... (emang bisa?). Nah! Secara gak sadar lo udah buat yang namanya doodle itu.
Penampakan Doodle art:


Diambil dari sini.
Kok gambarnya ada monster kecil gitu? Haruskah?
Sebenarnya gak harus monster. Gambar doodle itu bebas dan tergantung yang buat mau bikin konsep apa.
Menurut salah satu sumber, doodle itu ada beberapa macam bagian:
1.      Paisley
Bentuknya kayak ‘yin’ dan ‘yang’, tapi dipisahin.


2.      Lines
Bentuknya kayak bikin garis gitu. Terserah mau yang melengkung atau lurus.


3.      Swirl
Bentuknya kayak gelombang tapi disatukan.


4.      Monster

Kebanyakan monsternya itu unyu, imut, dan ngegemesin, gak seram.


5.      Robot



Menurut Lei Melendres si doodle master, doodle juga punya tipe, diantaranya:
1.      Unplanned Doodle. Dilakukan secara spontan tanpa membuat sketsa melalui pensil terlebih dahulu.
2.      Semi Unplanned Doodle. Dilakukan dengan membuat sketsa lebih dulu, tapi gak secara mendetil.
3.      Planned Doodle. Kalo yang ini lebih mendalam dan biasanya dilakukan oleh para doodler dengan membuat sketsa lebih dulu dan menentukan agar doodle lebih terkonsep dan gak salah.
Bahan untuk membuat doodle itu pastinya ada di sekitar kita dan sangat mudah didapatkan. Kayak pensil, penghapus, penggaris, spidol, dan pewarna. Cukup kreasikan sekreatif mungkin, doodle yang unyu pun bisa kita buat dengan selera kita tentunya.
Contoh-contoh doodle yang lain:


Karena gambar doodle-doodle di atas gue jadi tertarik pengen buat juga. Dan inilah hasilnya:



Versi setelah diwarnai dengan Photoshop:



Maaf jelek, soalnya baru belajar buat. Hehe

Saran dari gue sih kalau pengen buat doodle itu harus sabar. Soalnya buat monster satu per satu itu gak mudah, dan kalo perlu gak udah pake penggaris segala, biar sisi keabstrakkan doodle itu terasa. Ceilah!
 
Gimana, guys? Tertarik juga pengen buat doodle? :)

10 komentar:

  1. cieeee anak doodlee..... kerenn... teruslah berkarya kawannnzzzz !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih! Baru belajar kok. Masih pemula :D
      Makasih sudah berkunjung!!

      Hapus
  2. wah lucu ya, berarti aku sering banget dong bikin doodle art. secara kalo dosen lagi ngejelasin di dpan suka nyoret2 kertas :D

    BalasHapus
  3. Doodle itu kan ada lagunya, zal.
    Doodle doodle pacul cul gembelengan, HAHA

    Walaupun lo masih pemula. Tapi lumayanlah, zal.
    Aku sih IYES. Gak tau deh mas Anang :)))))

    Tengkyu ya zal udah bertamu ke blog gue :D

    BalasHapus
  4. hooo doodle art ada macem macemnya too. baru tau. aku sih kalo nge doodle ya asal nge doodle aja gitu bentuknya, ternyata ada namanya. nice info btw :))

    BalasHapus
  5. Buat doodle art susah aik kakriz-_- buatin dongseeee :p wkwkwk

    BalasHapus
  6. Hei, kakak dapat The Liebster Award dari aku nih, klik trs lanjutin ya. Hihi. :p http://fadillahnura.blogspot.com/2014/06/the-liebster-award.html

    BalasHapus
  7. iihh lucu banget doodle nya aku bikin juga kayak gitu tapi gak serame doodle mu.. aku juga masih pemula kok...

    BalasHapus
  8. Nice !!!
    Aku sering bikin doodle tapi belum bsa mewarnai bagus kaya gtu 😀 nice pokoknya 😁

    BalasHapus

Makasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca postingan dari rizamaulidan.blogspot.com! Jika berkenan silahkan berikan komentarnya. Kritik dan saran sangat diperlukan untuk memajukan blog yang sederhana ini. Yang terpenting komentarnya jangan jorok, malu entar sama orang tua. Salam! :))